Skip to main content

Terbaru

4 Cara Memahami Karakter Netizen untuk Berinternet Marketing


Memahami karakter netizen (orang yang berinternet 3 jam lebih dalam sehari) pada dasarnya sangat diperlukan guna untuk menyelaraskan kehidupan di dunia maya. Paling tidak, kita akan tenang dalam merespon setiap kejutan-kejutan di dunia maya. Dengan memahami karakter netizen, kita juga akan mampu bersosialisasi di medsos (media sosial) dengan baik dan bisa mencegah permasalahan-permasalahan yang akan terjadi, menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dan bisa membantu orang lain yang sedang bermasalah.

Berikut ini adalah cara untuk memahami karakter netizen:
1. Melihat postingan di sosmednya.
2. Melihat cara berkomentar di postingan orang lain.
3. Melihat informasi di profilnya.
4. Melihat Album fotonya.

Sebelumnya saya akan mengidentifikasikan karakter netizen menjadi 3 macam yaitu Netizen empatik, Netizen simpatik, dan Netizen rematik.

a. Netizen empatik adalah netizen yang baik hati, tidak sombong dan suka menabung. Ciri-cirinya adalah suka membaca postingan orang lain, suka berkomentar dengan kata-kata yang baik dan nyambung, suka share (membagikan) postingan orang lain yang dianggap bermanfaat bagi dirinya sendiri dan teman-temannya. Dianggap baik hati karena mau membaca postingan orang lain, dianggap tidak sombong karena mau berkomentar dengan baik. Dianggap suka menabung karena mau membagikan sesuatu yang bermanfaat bagi yang lain.

b. Netizen simpatik adalah netizen yang misterius. Ciri-cirinya dia mau membaca postingan orang lain, kadang berkomentar kadang tidak, postingan orang lain hanya untuk pengetahuan dirinya sendiri dan dia hanya menyimpannya dalam pikirannya sendiri tanpa membagikannya ke orang lain.

c. Netizen rematik adalah netizen yang ugal-ugalan seperti namanya. Saya katakan sebagai netizen rematik karena saya tidak menemukan kata-kata yang tepat untuk netizen yang seperti ini. Ciri-cirinya adalah suka membuat sesuatu yang fenomenal bahkan sesuatu yang membuat orang lain susah. Suka membaca postingan menanggapi dan membagikannya. Tapi tujuannya untuk bercanda bahkan lebih condong merugikan orang lain. Dalam bahasa sederhananya, netizen rematik adalah netizen yang tidak suka melihat orang lain bahagia.

Dari ketiga kategori netizen diatas, bisa kita lihat melalui 4 cara yaitu postingan, komentar, profil, dan foto.

Netizen empatik. Kita bisa melihatnya dari postingan-postingannya, biasanya kita akan menemukan banyak share postingan orang lain bahkan perbandingan dengan postingannya sendiri adalah 50%:50%. Dan dalam postingannya cenderung bermanfaat untuk dibaca.

Dalam berkomentar, netizen ini selalu bertanya hal-hal yang perlu ditanyakan, menjawab dengan pengetahuan yang dia miliki, atau memberi penghargaan postingan yang dia anggap penting dan berharga ketika selesai membaca postingan dengan membagikan keteman-temannya.
Selain itu dalam menuliskan informasi di profilnya, dia menuliskan informasi pribadinya secara terang-terangan tanpa menyembunyikan informasi tentang dirinya, tapi tetap menjaga rahasia yang dia anggap tidak diperlukan dalam profilnya.

Yang terakhir adalah melihat album fotonya. Dalam hal ini netizen empatik tidak terlalu mencolok. Artinya, dia hanya menguploud foto-foto hanya untuk sekedar mewarnai profilnya.
kemudian Netizen simpatik dalam hal posting, dia tidak terlalu memperhatikannya. Artinya dia jarang memposting bahkan postingannya bisa dihitung dengan jari. Dia hanya memposting jika dia anggap hal yang akan dipostingkan itu sangat berharga.

Dalam hal komentar dia juga tidak terlihat. Artinya jarang sekali berkomentar Bahkan tidak pernah sama sekali. Dia hanya berkomentar jika dia membutuhkan informasi.

Dalam menampilkan informasi tentang dirinya di profil juga sangat terbatas bahkan tidak menampilkannya sama sekali. Netizen ini dalam mengatur privasinya sangat ketat. Karena dia beranggapan bahwa informasi tentang dirinya tidak bisa dijual dengan apapun. Dan lebih mahal dari segalanya.
Yang terakhir dari netizen simpatik adalah album fotonya. Dia hanya menampilkan foto-foto kesukaannya, foto figur yang dia idam-idamkan dan foto teman-temannya. Tapi dia tidak menampilkan foto dirinya sendiri melainkan foto kebersamaan.

Yang terakhir adalah yang fenomenal yaitu yang saya sebut dengan netizen rematik. Dengan ciri khasnya yang fenomenal, dia membuat postingan yang mengandung pro kontra, berisi argumen-argumen yang dia yakini. Atau dalam bahasa kerennya true claim yang tinggi dan tidak bisa diganggu gugat. Artinya dalam berargumen dia lebih condong menggunakan perasaannya (afeksi). Setiap sesuatu yang dianggap salah akan dibabat habis oleh netizen ini.

Masih dengan ciri khasnya yang fenomenal. Dalam berkomentar, dia menggunakan bahasa hiperbola tingkat tinggi. Artinya dia selalu ingin dianggap benar dan dibenarkan. Tapi biasanya penyampaiannya sulit dipahami dan terasa seperti menggurui.

Mengenai informasi di profilnya, dia menampilkan informasi-informasi yang wah dan terkesan keren bahkan menampilkan informasi tentang kelebihannya dan melebih-lebihkannya. Jika ditanya tentang kelebihannya dia akan menceritakan kelebihan temannya yang memang sudah populer, tujuannya agar bisa meyakinkan orang lain dan dia dianggap populer juga. Namun terkesan sangat aneh bagi orang yang memperhatikannya.

Dan yang terakhir adalah album fotonya. Dalam menampilkan foto, dia cenderung menampilkan foto-foto yang wah. Foto-foto sejenis penghargaan, jalan-jalan ketempat-tempat yang dianggap keren oleh orang lain, dan tak ketinggalan foto-foto selfinya yang dianggapnya bernilai tinggi seperti foto kegiatan yang bersifat resmi dan lain sebagainya.

Tapi perlu anda ketahui bahwa ketiga netizen tersebut sebenarnya memiliki tujuan yang sama yaitu menjaga kehormatan diri, berusaha menjadi orang baik dan bermanfaat bagi lainnya. Namun perbedaannya hanya dalam cara penyampaiannya saja. Jadi kita tidak perlu takut  ketika kita berhadapan dengan mereka.

Kesimpulannya netizen empatik adalah netizen yang baik hati, bersifat terbuka, lemah lembut, tenang, dan disukai banyak orang. Sedangkan netizen simpatik adalah netizen yang sulit ditebak. Dalam dunia maya dia ada tapi seperti tidak ada. Dia lebih sering berfikir dari pada berbicara. Bisa kita sebut sebagai netizen misterius. Dan netizen rematik adalah netizen yang tidak bisa diam, selalu mencari sensasi, mengkritik dan lain sebagainya.

Dari ketiganya bisa kita ambil pelajarannya yaitu netizen empatik sebagai contoh dalam bertindak, netizen simpatik sebagai tempat untuk meminta saran dan netizen rematik sebagai bahan penilaian diri kita dalam bertindak.

Itulah 4 cara memahami karakter netizen versi Elna Blog. Selanjutnya anda yang menilai seperti apakah netizen yang sedang anda hadapi dan sejauh manakah anda sudah bertindak. Dari saya cukup sekian. Jangan lupa share artikel ini dan masukkan kritik, saran, dan tanggapan tentang postingan ini di kolom komentar. Akhir kata Terima kasih atas kunjungan anda.

Comments

Popular posts from this blog

Geevv.com Mesin Pencarian Berbasis Sosial Karya Anak Indonesia

Apa Itu Geevv?
Mesin pencarian Geevv.com adalah mesin pencarian yang dibuat oleh anak Indonesia. Mesin pencarian ini sama halnya seperti Google, Bing, Goo milik Jepang, Yandex milik Rusia, Baidu milik China. Geevv ini sama seperti mesin pencari lainnya namun kelebihan Geevv adalah berkonsep sosial. Artinya keuntungan yang didapat dari Geevv 80% digunakan untuk dana sosial dan 20% digunakan untuk mengembangkan layanan Geevv sendiri.
Siapa Pencipta Geevv?
Pencipta Geevv adalah mahasiswi Universitas Indonesia Azka Slimi (21 tahun) dibantu oleh rekannya. Sangat menarik ya Indonesia ternyata punya mesin pencari sendiri, apalagi berkonsep sosial juga. Sungguh kreativitas yang kreatif :)
Mungkin sebenarnya masih ada banyak lagi mesin pencari lainnya yang ada di Indonesia namun mereka tidak berkonsep sosial sehingga kalah saing dengan mesin pencari yang sudah menguasai pasaran dunia.
Kita doakan saja semoga mesin pencari Geevv.com bisa terus berkembang pesat dan terus banyak penggunanya sehi…

Belajar AMP HTML (Accelerated Mobile Pages)

Elna Blog - Accelerated Mobile Pages (AMP) Telah dirilis dan telah digunakan oleh para blogger, contohnya dapat anda lihat di halaman Google Search (Mesin Pencari Google) terutama blog-blog yang membahas tentang desain template blog ataupun blog-blog yang membahas tentang webmaster google. Namun Masih Banyak orang yang masih awam dengan yang namanya AMP (Accelerated Mobile Pages) termasuk anda. 
Apa sih yang dimaksud dengan AMP (Accelerated Mobile Pages) Google dan bagaimana cara kerja AMP (Accelerated Mobile Pages ) Google ini? 
Simak Pembahasannya di bawah ini.


Apa itu AMP (Accelerated Mobile Pages) Google ?
Di pertengahan Oktober tahun 2015 Google telah mengumumkan sebuah framework baru yang disebut dengan Google AMP (Accelerated Mobile Pages)  atau AMP (Accelerated Mobile Pages) HTML. AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah sebuah framework yang dirancang khusus yang bertujuan untuk memudahkan developer dalam membuat sebuah halaman web yang dapat diakses dengan sangat cepat di perang…

Fungsi, Manfaat Dan Kegunaan Smartphone yang Jarang diketahui oleh Banyak orang

Fungsi, manfaat Dan Kegunaan smartphone sangatlah banyak tapi jarang sekali ada orang yang menyadari akan hal itu. Mereka hanya sekedar mrngetahui bahwa smartphone itu untuk browsing, bersosial media, dan berfoto selfi. Hal yang sangat diaayangkan jika anda juga berfikiran seperti itu.

Manfaat, fungsi, dan kegunaan smartphone bukan hanya sekedar untuk itu-itu saja, melainkan ada banyak Manfaat yang lebih komplek lagi yang jarang diketahui dan disadari oleh banyak orang. Jika ditinjau dari segi fisiknya, smartphone bisa dikategorikan dalam kelompok handphone. Tapi jika ditinjau dari sistem perangkat lunaknya, maka kita akan menemukan smartphone yang sesungguhnya yaitu handphone yang menggunakan sistem operasi komputer.

Disinilah titik terang adanya perbedaan handphone biasa dengan smartphone. Handphone biasa hanya bisa kita gunakan untuk telepon, sms, browsing dsb. Sedangkan smartphone fungsi, manfaat, dan kegunaannya lebih dari sekedar itu. Yaitu sudah ada fasilitas sofware layaknya …